Home / kajian Ilmu / Doa agar Terhindar dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat

Doa agar Terhindar dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat

Bismillahir Rohmaanir Rohiim

Dalam menuntut ilmu, tentunya seorang murid mengharapkan ilmu yang bermanfaat. Murid yang bersungguh-sungguh akan bertekad mencari ‘sabab futuh’ atau sebab yang menjadikan ia paham akan suatu ilmu dengan berbagai cara, seperti menghormati ilmu, menghormati guru, bahkan menghormati kitab yang ia pelajari. Semua itu sangat penting.

Selain itu, seorang pelajar juga melazimkan doa supaya diberi keberkahan ilmu. Setiap hendak mau belajar mereka berdoa, bahkan dalam setiap keadaannya. Tak lupa juga melantunkan beberapa wiridan yang diberikan oleh gurunya untuk mereka baca di waktu-waktu tertentu.

Selain berdoa meminta keberkahan ilmu, tak lupa juga para pelajar berdoa supaya ilmunya tidak sia-sia. Ilmu yang tidak bermanfaat adalah bencana besar bagi pelajar. Untuk apa belajar jika tak menghasilkan sesuatu? Maksud hasil dari sesuatu di sini bukan hanya bersifat material semata, seperti setelah lulus sekolah dapat pekerjaan, setelah lulus pesantren dapat jadwal mengajar, dan lain-lain. Namun yang lebih ditekankan di sini adalah buah atau inti sari dari belajar itu sendiri, yaitu hidayah supaya lebih mendekatkan dirinya kepada Allah subhanahu wata’ala. .
Dalam kitab Bidayah Al-Hidayah Imam al-Ghazali menyebutkan suatu doa yang bersumber dari hadits Rasulullah Saw supaya dilindugi dari ilmu yang tidak bermanfaat:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Allâhumma innî a‘ûdzubika min ‘ilmin lâ yanfa‘ wa qalbin lâ yakhsya‘ wa ‘amalin lâ yurfa‘ wa du‘âin lâ yusma‘

Artinya: “Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyu’, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar.”

Semoga dengan ilmu ini kita diberikan keberkahan ilmu yang manfaat, yang berguna bagi agama dan bangsa, serta generasi selanjutnya. (Amien Nurhakim)

Sumber : IG Nuonline_ID

Check Also

Dermawan

Tak Perlu Kaya Untuk Menjadi Dermawan

Keluarga Ali Bin Abi Thalib ini merupakan keluarga luar biasa yang perlu diteladani. Diantara empat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *