Home / Do'a Amaliyah / Do’a Rosululloh SAW. Saat Memasuki Bulan Rajab

Do’a Rosululloh SAW. Saat Memasuki Bulan Rajab

do'a bulan rajab

Jombang, Ponpes Al Munawaroh
Bulan Rajab (رجب) pada tahun 1439 H. ini akan jatuh pada hari senin (19/3/2018) persisnya pada hari Ahad malam, sebagaimana yang telah diumumkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui lembaga Falakiyah.

Menurut Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri, karena tim rukyat tidak menyaksikan bulan sabit tanda awal bulan hijriah, jumlah bulan Jumadil Akhir disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal).

Pengumuman ini sesuai dengan prediksi data hisab yang tertuang dalam almanak resmi Lembaga Falakiyah PBNU yang menyatakan, dari markaz Jakarta, konjungsi  (ijtima’) berlangsung pada Sabtu (17/3) pukul 20:13:13 WIB. Tinggi hilal ada pada minus 0 derajat 21 menit 45 detik.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan haram (dimuliakan) yang disebutkan Al-Qur’an. Tiga bulan lainnya adalah Muharram, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Pada bulan-bulan ini umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah.

Atas dasar keputusan ini, kaum Muslimin sudah bisa memulai puasa Rajab sejak terbit fajar pada Senin pagi.
Imam Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi dalam Al-Adzkâr menjelaskan bahwa Rasulullah menyambut masuknya bulan Rajab dengan memohon keberkahan seiring dengan bakal datangnya bulan suci Ramadhan.
Bunyi doa Rasulullah tatkala memasuki bulan mulia ini adalah

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

(Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan).”

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya. Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu. Wallâhu a’lam (Nu Online)

Check Also

Bulan rajab

Amalan-amalan Ibadah dibulan Rajab Serta Keutamaanya

Bulan yang suci, yang sarat akan makna kemuliaannya, mempunyai pelbagai keutamaan dan selalu dinantikan kehadirannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *