Home / Berita / Makna Tema “Santri Mandiri, NKRI Hebat” di Hari Santri Nasional 2017

Makna Tema “Santri Mandiri, NKRI Hebat” di Hari Santri Nasional 2017

Hari santri nasional 2017

Menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2017, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI NU: Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia) telah meluncurkan tema dan logo Hari Santri Nasional 2017. Tema dan logo ini akan dipergunakan dalam peringatan Hari Santri yang puncaknya pada tanggal 22 Oktober 2017.

Madrasah, siswa, dan guru memang identik dengan dunia santri. Karena madrasah sebagai lembaga pendidikan khas Islam sekaligus tertua di Indonesia, telah menjadi tempat hidup dan berkembangnya santri. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian madrasah ikut serta memeriahkan peringatan Hari Santri 2017 dengan memasang logo Hari Santri 2017.

Presiden RI, Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagari Hari Santri Nasional. Pemilih tanggal tersebut didasarkan pada fakta sejarah di mana Kiai Hasyim Asy’ari (berdasarkan musyawarah ratusan kiai) mengumumkan fatwanya yang kemudian dikenal sebagai Resolusi Jihad. Resolusi Jihad ini memuat seruan bahwa setiap Muslim wajib memerangi penjajah. Para pejuang yang gugur dalam peperangan melawan penjajah pun dianggap mati syahid. Resolusi Jihad ini pula yang kemudian memicu terjadinya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian juga diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Tema Hari Santri 2017

Tema yang ditetapkan dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2017 adalah ‘Santri Mandiri, NKRI Hebat’. Dalam tema tersebut mengandung makna bahwa santri adalah kelompok yang mandiri sejak dari masa menempuh pendidikan di pesantren hingga ketika terjun di masyarakat. Santri selalu hidup mandiri tanpa mengeluh atau pun menuntut, serta tidak menyebar kebencian kepada negara.

Selain itu, ‘Santri Mandiri, NKRI Hebat’ kembali menegaskan kembali kebulatan tekad akan NKRI sebagai bentuk final negara Indonesia. Santri tidak mendukung penuh Pancasila, nasionalisme, serta menolak berbagai bentuk radikalisme atas nama agama maupun ideologi khilafah anti Pancasila.

Sumber : AyoMadrasah

Check Also

Gelar Lomba

Keseruan Para Santri Gelar Lomba Dalam Rangka PHBN HUT RI Ke-73

Jombang, Senyum semangat santri dalam memperingati HUT RI ke-73 (Jum’at, 17/8/18) terlihat ketika santri mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *