Home / Artikel / Mengetik Asyik Dengan 10 Jari

Mengetik Asyik Dengan 10 Jari

 

Siapa yang tidak pernah mengetik sebuah naskah atau tulisan dengan menggunakan keyboard komputer?
Yupz, tentu kalian semua yang sedang membaca ini pasti sudah pernah melakukan aktifitas tersebut, tapi pernahkah kalian tahu? Bahwa susunan huruf di keyboard telah disusun untuk memudahkan penggunanya yaitu memaksimalkan penggunaan 10 jari untuk menulis digital?

Nah melalui program KPM-Mandiri Inovatif Mahasiswa salah satu mahasiswa Unipdu Jombang di pondok pesantren Al Munawaroh, santri diajak untuk mencari pengalaman baru bagaimana serunya mengetik dengan menggunakan 10 jari.
Program ini dilaksanakan oleh M. Mujabun (1117103) untuk mengembangkan potensi santri dalam dunia teknologi informasi, terutama komputer.

Pokok utama dalam menggunakan komputer adalah untuk membantu memudahkan segala aktifitas dan pekerjaan manusia, dalam dunia pendidikan tentu yang pertama adalah yang berkaitan dengan tulisan. Oleh karena itu, pelatihan mengetik 10 jari ini sudah tepat diterapkan kepada para santri, mengingat mereka sangat membutuhkan untuk menunjang kompetensi pendidikanya.

Dalam progam ini, santri dilatih bagaimana cara memposisikan 10 jarinya pada keyboard agar dapat menjangakau seluruh tombol keyboard. Posisi atau letak jari-jari yang benar adalah seperti pada gambar berikut:

Pelatihan ini menggunakan software Microsoft office, namun untuk meningkatkan minat para peserta, tim pelaksana juga menyediakan sebuah game atau permainan yang dapat meningkatkan kemampuan 10 jari, yaitu Game Typer Shark.

Para santri yang ikut pelatihan in merasa senang karena selain dapat ilmu untuk mengetik cepat dan memfungsikan 10 jari, juga penyampaian dan pelatihan yang asyik menjadikan santri semakin penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia tenologi.

“Latihan ini tidak sekedar latihan, tapi juga ada tugas yanga harus dikerjakan oleh para peserta sebagai hasil latihan ini” ungkap M. Mujabun (1117103).

Kebutuhan pesantren akan tenaga ahli dari santri dibidang teknologi memang diperlukan, terutama dalam menulis ulang karangan-karangan pesantren yang berbasis Bahasa Arab, dimana kemampuan ini jarang dimiliki oleh anak didik umumnya. Maka dengan pelatihan ini diharapkan, para peserta dapat berkhidmat secara maksimal.

Penulis :

Nama : M. Mujabun
NIM : 1117103
FAK/Prodi : FAI / PAI Unipdu Jombang

Check Also

hababib

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui Pondok Habib – Dikisahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *