Home / Artikel / Pelatihan Design Grafis Menggunakan CorelDraw X7

Pelatihan Design Grafis Menggunakan CorelDraw X7

 

Dunia grafis tidaklah akan lekang dari zaman, apalagi di era industry 4.0 ini, kebutuhan desain grafis banyak sekali dibutuhkan oleh para pengusaha dimulai dari pengusaha kecil hingga menengah, institusi pendidikan maupun para pengembang digital, semua membutuhkan desain.

Pondok pesantren Al Munawaroh juga sebagai institusi pendidikan membutuhkan tenaga ahli dibidang design grafis, terutama ketika akan mengadakan event kepesantrenan atau penerimaan santri baru. Namun demikian, pesantren yang identik dengan traditional learning-nya menghambat santri dalam mengakses dunia baru, digitalisme, yang mana laju perkembangan pendidikan dan pengetahuan santri akan dunia digital terutama penggunaan komputer untuk desain.

Oleh karena itu, pendampingan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh M. Mujabun (1117103) dalam rangka Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri di Pondok Pesantren Al Munawaroh berusaha untuk menolak stigma bahwa santri itu jauh dari dunia teknologi. Diharapkan melalui pendidikan dan pelatihan ini nantinya akan membantu pondok pesantren untuk lebih giat lagi dalam syiar agama melalui digital, yang mana tidak lepas tangan dari desain grafis.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan desain santri melalui digital, disamping kemampuan desain manualnya. Namun karena minimnya pengetahuan santri tentang komputer, pelatihan ini dimulai dengan pengenalan santri kepada software atau aplikasi yang digunakan dalam desain grafis, fungsi tools (alat-alat) yang disediakan software dan motivasi kecil agar nantinya para santri bisa menjalani program pelatihan ini dengan semangat.

“Kami sangat berterimakasih kepada mas mujab karena dengan pelatihan ini, tentunya tenaga SDM dibidang desain grafis bisa terpenuhi. Semoga ilmu yang disalurkan ini bisa menjadi manfaat untuk pesantren kami kedepanya. Karena skill ini dibutuhkan pesantren terus, terutama pada agenda tahunan seperti haflah akhirus sanah, penerimaan santri baru dan peringatan hari besar Islam ” pungkas Mochamad Luthfi Al Hanafi (Ketua Unit Tahfidz Pondok Pesantren Al Munawaroh).

Oleh :

Ustadz Mujabun

Check Also

hababib

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui Pondok Habib – Dikisahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *