Home / Artikel / Program Pelatihan Teknologi Dasar di Pondok Pesantren Al Munawaroh

Program Pelatihan Teknologi Dasar di Pondok Pesantren Al Munawaroh

Salah satu industi yang terus bergerak maju dan berkembangan begitu pesat adalah teknologi. Hari ini kita telah masuk pada era industry 4.0, dimana teknologi menjadi sebuah kebutuhan penting dan menjadi alat utama segala kegiatan baik yang sifatnya pribadi maupun organisasi mengharuskan untuk dikerjakan menggunakan teknologi.
Begitu juga dunia pendidikan yang dituntut untuk bisa tampil menyesuaikan kebutuhan zaman, dengan tujuan agar dapat menciptakan lulusan pendidikan yang mampu bersaing dengan Sumber Daya Manusia baik secara nasional maupun internasional.

Pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia tentu juga dihadapkan dengan tantangan zaman ini. Oleh karena itu pondok pesantren selain teguh pendirian dengan menjaga tradisi pesantrennya yang tradisional, juga dituntut melakukan inovasi dan terobosan pendidikan guna menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki daya saing dengan pendidikan umum lainnya.

Oleh karena itu, M. Mujabun (1117103) yang merupakan mahasiswa Fakultas Agama Islam, program Pendidikan Agama Isalm di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Peterongan Jombang, dalam melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mandiri Inovatif Mahasiswa (MIM) di Pondok Pesantren Al Munawaroh Diwek Jombang, beliau mengambil tema pengabdian “Penguatan Kesadaran dan Pengetahuan Santri Melalui Inovasi Teknologi Informasi”.

“Ini Penting Saya Dedikasikan Kemampuan Teknologi saya untuk mengembangkan pengetahuan SDM di pondok pesantren tentang dunia digital dan teknologi, dimana semua aktifitas pendidikan sekarang tidak pernah terlepas dalam dunia digital, apalagi setelah ada wabah corona ini” ujar M. Mujabun (1117103) ketika mensosialisasikan program PKM-nya.
Setidaknya ada 4 program utama KPM-Mandiri Inovatif Mahasiswa yang akan dilaksanakan oleh M. Mujabun (1117103):

  1. Pelatihan mengetik 10 jari
  2. Pelatihan Desain Grafis
  3. Pelatihan Layout Kitab Berbahasa Arab
  4. Pelatihan Office dan mengetik Bahasa Arab

Program kegitan KPM-MIM ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2020.
Kegiatan positif ini bisa meningkatkan kualitas SDM pondok pesantren Al Munawaroh dibidang teknologi setidaknya para santri memiliki pengetahuan dasar tentang penggunakan teknologi sehingga nantinya bisa membantu pekerjaan-pekerjaan pondok pesantren yang berkaitan dengan teknologi.

“Teknologi itu unik, dia tidak seperti ilmu agama yang harus dipelajari secara Talaqqi atau bertemu langsung dengan guru, teknologi bisa dipelajari secara otodidak, dengan membaca atau melihat berbagai macam tutorial yang tersedia di dunia internet. Namun demikian, santri perlu mengetahui dasar-dasar terkait teknologi, agar nanti bisa mengembangkannya secara mandiri.” Kata Rizki Kholili (ketua Pon-Pes Al Munawaroh periode 2020-2021)

Kegiatan KPM-Mandiri ini juga sangat bermanfaat dalam menyiapkan Sumber daya manusia yang siap untuk terjun dan melaksanakan kewajiban pengabdian di Pondok Pesantren Al Munawaroh, oleh karena itu nantinya kegiatan semacam ini insya Alloh akan dilaksanakan secara rutin.

Oleh : Ustadz Mujabun

Check Also

hababib

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui

Beramalah Dengan Ilmu Kamu Ketahui, Allah Akan Ajarkan Apa Yang Kamu Tidak Ketahui Pondok Habib – Dikisahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *