Home / Kepesantrenan / Santri Al Munawaroh Bagi-bagi Zakat Sebagai Kegiatan Ekstra dibulan Ramadhan

Santri Al Munawaroh Bagi-bagi Zakat Sebagai Kegiatan Ekstra dibulan Ramadhan

Bagi-bagi zakat

Al Munawaroh, Jombang. Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi penegakan syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum menunaikan zakat adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat syarat tertentu.

Allah swt berfirman, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus” (QS. al-Bayyinah [98]: 5).

Rasulullah saw bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya; mendirikan salat; melaksanakan puasa (dibulan Ramadan); menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu)” (HR. Muslim).

Bagi-bagi Zakat Kepada Masyarakat Sekitar Pondok

Bagi-bagi Zakat

Sekitar tahun 2014 sampai sekarang, Pondok Pesantren Al Munawaroh kerap melestarikan sebuah tradisi bagi-bagi zakat fitrah yang dibagikan kepada masyarakat sekitar Pondok di Dusun Ngemplak pada tanggal 17 Ramadhan tepatnya dimalam Nuzulul Qur’an (2/6/18) setelah melaksanakan shalat Tarawih.

Para santri langsung mempersiapkan barisan dengan dihiasi membawa obor yang sudah disediakan oleh panitia. Adapun barisan depan yaitu barisan santriwan dan diikuti dengan barisan santriwati, dan diantara kedua barisan tersebut terdapat mobil yang diisi oleh grup Banjari para santri Al Munawaroh.

Acara ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat, buktinya peserta tidak hanya dari kalangan Santri Al Munawaroh saja, namun anak-anak kecil hingga orang dewasa dari masyarakat ikut serta bergabung demi memeriahkan dan menyukseskan acara ini.

Kegiatan bagi-bagi zakat ini diadakan setiap tahunnya sebagai kegiatan ekstra dibulan suci Ramadhan dan sebagai penutup kegiatan Ramadhan sebelum para santri menikmati liburan panjangnya. (Santri Al Munawaroh)

Lihat Galeri

Check Also

Jadwal Kegiatan Pondok Selama Bulan Ramadhan 1439 H

Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Syahros Shiyaam Telah datang bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *